Wednesday 16 November 2016

Games Education "Ular Tangga"

Ular Tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang  atau lebih. Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah tangga dan ular yang menghubungkannya dengan kotak lain. Permainan ini dapat dimainkan untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas, karena didalamnya hanya berisi berbagai bentuk pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa melalui permainan tersebut sesuai dengan jenjang kelas dan mata pelajaran tertentu. Seluruh pertanyaan-pertanyaan tersebut telah dibukukan menjadi satu sekaligus dengan petunjuk permainannya. Gambar tangga merupakan simbol nilai positif (nilai kejujuran) dan gambar ular merupakan simbol nilai negatif (nilai ketidakjujuran). Guru dapat membuat sendiri media ini dengan menyesuaikan tujuan dan materi pembelajaran. Tujuan permainan ular tangga ini adalah untuk memberikan motivasi belajar kepada siswa agar senantiasa mempelajari atau mengulang kembali materi-materi yang telah dipelajari sebelumnya yang nantinya akan diuji melalui permainan, sehingga terasa menyenangkan bagi siswa. Penggunaan alat permainan dilakukan secara bertahap yaitu kegiatan yang tergolong mudah, sedang, dan sulit. Alat permainan yang tujuan dan penggunaannya dipersiapkan pendidik juga harus bervariasi sesuai dengan derajat kesulitan tersebut alat permainan yang dipersiapkan oleh guru untuk dipilih oleh anak dalam berbagai kegiatan akan menentukan tumbuhnya perasaan berhasil pada anak sesuai dengan kemampuan mereka. Beberapa manfaat diantaranya adalah:
  1. Mengenal kalah dan menang.
  2. Belajar bekerja sama dan menunggu giliran.
  3. Mengembangkan imajinasi dan mengingat peraturan permainan.
  4. Merangsang anak belajar pramatematika yaitu saat menghitung langkah pada permainan ular tangga dan menghitung titik-titik yang terdapat pada dadu.
  5. Belajar memecahkan masalah.
  • Keunggulannya antara lain:
  1. Media permainan ular tangga dapat dipergunakan di dalam kegiatan belajar mengajar karena kegiatan ini menyenangkan sehingga anak tertarik untuk belajar sambil bermain.
  2. Anak dapat berpartisipasi dalam proses pembelajaran secara langsung.
  3. Media permainan ular tangga dapat dipergunakan untuk membantu semua aspek perkembangan anak salah satu mengembangkan kecerdasan logika metematika.
  4. Media permainan ular tangga dapat merangsang anak belajar memecahkan masalah sederhana tanpa disadari oleh anak.
  5. Penggunaan media permainan ular tangga dapat dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
  • Kelemahannya antara lain:
  1. Penggunaan media permainan ular tangga memerlukan banyak waktu untuk menjelaskan kepada anak.
  2. Permainan ular tangga tidak dapat mengembangkan semua materi pembelajaran.
  3. Kurangnya pemahaman aturan permainan oleh anak dapat menimbulkan kericuhan.
  4. Bagi anak yang tidak menguasai materi dengan baik akan mengalami kesulitan dalam bermain.



Kali ini permainan ini diterapkan pada pembelajaran IPS kelas IX dengan Materi Uang dan Lembaga Keuangan. Berikut persiapannya silahkan dicek.
Langkah –langkah :
  1. Guru mempersiapkan papan permainan ular tangga berupa poster beserta dadu yang mempunyai mata enam (gambar 1) >>> desain ular tangga bisa download disini
  2. Guru beserta siswa mempersiapkan pertanyan pada setiap kotak permainan dengan siswa membuat bank soal setipa siswa 5 pertanyaan. Setelah itu di ketik dan di buat kartu pertanyaan (Gambar 2)
  3. Pertanyaan tersebut berupa materi uang dan lembaga keuangan yang dibuat sendiri oleh siswa kemudian soal tersebut ditukar dengan kelas lainnya.
  4. Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang.
  5. Karena keterbatasan waktu setiap kelompok hanya diwakili 3 orang yang ikut bermain sekaligus menjadi pionnya, teman kelompok yang lainnya bertugas melempar dadu dan menuliskan nilai perolehan di papan tulis.
  6. Tiga orang siswa tadi disetiap kelompok nantinya akan bergantian melakukan metode pembelajaran tersebut
  7. Setelah semuanya siap guru memberikan petunjuk kepada siswa tentang tata cara permainan

 Gambar 1


Gambar 2

Aturan permainan :
  1. Tiap siswa bergantian melempar dadu, dadu yang mempunyai mata enam
  2. Jika dadu yang jatuh menunjukkan mata dadu 3, maka siswa harus berjalan 3 kotak pada papan permainan ular tangga tersebut
  3. Jika sudah dijalankan, kotak yang berisi pertanyaan dijawab oleh siswa, jika benar siswa tersebut mendapat poin 10, jika salah 0
  4. Siswa yang lebih dahulu sampai kotak finish akan menjadi pemenang dan mendapat bonus poin 100
  5. Permainan berlanjut hingga sampai orang ketiga pada setiap kelompok. Setelah semuanya selesai semua poin-poin yang didapatkan oleh setiap kelompok akan ditotalkan dan yang kelompok yang paling banyak poinnya itulah yang jadi pemenang kelas.
  6. Selanjutnya guru memberikan evaluasi hasil metode pembelajaran menggunakan permainan ular tangga
  7. Guru menentukan kesimpulan pembelajaran
Berikut beberapa gambar pelaksanaan kegiatannya :












0 komentar: