Saturday 18 March 2017

Hal Hal Yang Harus Dihindari Oleh Guru Saat Didalam Kelas

Baik pada kesempatan kali ini kami akan memposting Hal hal yang harus dihindari oleh guru saat didalam kelas, yang dimana informasi ini termasuk informasi yang penting bagi seorang guru saat dalam pembelajaran berlangsung. guru saat didalam kelas terkadang mereka dapat berbuat terlalu jauh dalam proses pembelajaran berlangsung.


Hasil gambar untuk animasi guru mengajar

Tulisan ini sebenarnya hanyalah untuk bercermin, apakah kita selama ini dalam mengelola kelas sudah baik atau sebaliknya. dimana guru kadang sering berbuat hal yang kelewat batas, mungkin menurut guru itu benar namun perlu dilihat dari siswanya juga apakah hal yang kita lakukan itu baik atau tidak saat kita bertindak hal hal tersebut.
Berikut keliruan yang perlu dihindari dalam mempraktekan keterampilan mengelola kelas adalah:

  1. Campur tangan yang berlebihan, tanda tandanya yakni guru terlalu berlebihan dalam mengomentari hal hal yang dilakukan siswa, atau mencampuri urusan siswa dan guru memaksakan dirinya masuk dalam kegiatan siswa.
  2. Kelenyapan perbuatan, disini yang dimaksud adalah kelenyapan dilihat pada tingkah laku guru yang gagal dalam melengkapi suatu instruksi  atau perintah, jadi penyajiannya menjadi terhenti sementara sehingga menjadikan ini menggangu.
  3. Ketidaktepatan memulai dan mengahiri kegiatan, hal ini biasa terjadi karena guru memulai sesuatu aktifitas atau perbuatan tanpa mengakhiri secara tuntas, seperti dia menghentikan kegiatan yang pertama dan memulai kegiatan yang berikutnya, lalu dia kembali lagi keperbuatan pertamanya (tidak sistematis).
  4. Penyimpangan, yang dimaksud disini adalah penyimpangan yang dilakukan guru saat dia sedemikian asyik membicarakan suatu kegiatan dan pembicaraan itu terlalu melebar sehingga pembicaraannya dapat keluar dari tujuan pembelajaran.
  5. Bertele tele, kesalahan ini bisa terjadi karena guru; (1) selalu mengulang ulang hal tertentu, (2) memperpanjang keterangan, (3) mengubah suatu teguran yang sederhana menjadi suatu ocehan yang berkepanjangan
  6. Pengulangan penjelasan yang tidak perlu, Keliruan ini ditandai oleh kegiatan guru yang membagi petunjuk secara terpisah dalam setiap kelompok, yang sebenarnya petunjuk tersebut dapat diberikan secara klasikal.
Melihat sedemikian kompleksnya keterampilan mengelola kelas, maka penguasaan atau pemahaman komponen keterampilan mengunakannya harus dikerjakan dan dilatih secara itensif.

0 komentar: