Thursday 9 March 2017

Inilah 12 Ciri Toxic People, Orang yang Menjadi Racun dalam Pergaulan

Hasil gambar untuk toxic people

Tahukah Anda bahwa ada orang yang sifat dan karakternya bisa menjadi racun yang mencemari hubungan? Ya itulah yang disebut dengan toxic people! Biasanya bergaul dengannya menguji kesabaran kita.
Karena itu penting untuk mengenali ciri-ciri orang seperti itu. Berikut 12 cirinya:
1. Manipulatif
Manipulatif alias sering menggunakan modus tertentu untuk kepentingannya sendiri. Itulah orang yang memiliki karakter beracun. Dia biasanya memanfaatkan kebaikan orang lain untuk mencapai tujuannya.
2. Jugmental
Ia kerap mengkritik dan menghakimi orang lain. Ia merasa tidak puas jika tidak mengomentari hidup orang lain. Hal ini juga membuat mereka tidak bisa menilai diri sendiri.
3. Tidak bertanggung jawab atas perasaan sendiri
Mereka tidak bertanggung jawab pada emosi apa yang diberikannya pada orang lain. Seringkali emosinya malah melukai perasaan orang lain. Ia cenderung menilai segala sesuatu melalui perspektifnya semata. Tidak hanya itu, ia juga tidak bertanggung jawab atas segala hal yang dibuatnya.
4. Tidak pernah meminta maaf
Orang yang bisa mencemari keutuhan sebuah hubungan adalah mereka yang tidak pernah meminta maaf. Mereka menganggap bahwa tidak ada alasan untuk meminta maaf karena semua orang bisa saja bersalah.
Ia juga cenderung memanipulasi keadaan sehingga ia seolah-olah menjadi korban dari sebuah persoalan. Dia tidak pernah ingin disalahkan dan mengakui kesalahannya.
5. Tidak konsisten dan tidak teratur
Ia cenderung berubah-ubah. Tidak berpendirian teguh sehingga sulit untuk mengenali apa yang menjadi sifat dan karakter aslinya. Ia bisa saja mengubah prinsip, pikiran, dan tingkah lakunya tergantung pada apa yang mereka inginkan terjadi. Contohnya, menjadi baik ketika membutuhkan sesuatu dari orang lain. Sungguh tidak bisa dipercaya.
6. Mereka membuat orang lain harus membuktikan diri
Toxic Person membuat orang harus membuktikan diri di hadapannya. Ia akan membuat kita berada dalam pilihan-pilihan yang sulit dengan kelihaiannya. Dan kalau terpancing, kita bisa ikut dalam skenarionya.
Hati-hatilah terhadap tipe orang seperti ini. Sebab modusnya bisa jadi membuat kita kehilangan kontrol akan situasi. Sebab bagi toxic people, dirinya selalu benar, dan kita salah.

7. Membuat kita menjadi egois dan bergantung pada diri sendiri
Ingatlah, mereka adalah manipulator ulung. Mereka sebenarnya tidak tertarik dengan cara pandang Anda, namun membuat Anda seolah-olah adalah pribadi yang layak dibanggakan. Taktik mereka membuat Anda menjadi terlalu berpusat pada diri sendiri ketika menghadapi masalah. Mereka adalah tipe orang yang tidak bisa membeli solusi.
8. Tidak suportif, tidak peka, dan tidak peduli akan kepentingan orang lain
Ia tidak tertarik untuk mengetahui apa yang baik bagi hidup orang lain, kecuali hal itu penting bagi hidupnya. Jika sesuatu yang baik terjadi pada diri kita, ia akan menjadi lebih fokus pada tujuannya dan menghalalkan segala cara untuk memenangkan dirinya. Berhati-hatilah pada orang yang selalu menyalahkan Anda. Sebab orang seperti ini tidak mengenal kepedulian dan kesetiaan.
9. Sering menjebak dengan perasaan
Menghabiskan waktu dengan toxic people akan membuat kita merasa semakin emosional. Sebab bukannya bahagia, kita cenderung kelelahan dalam mengurus mereka.
10. Membuat orang lain merasa bersalah
Toxic people sering membuat kita masuk dalam jebakannya sehingga kita yang berusaha untuk menyelesaikan masalahnya. Ia membuat kita merasa bersalah dan bertanggung jawab pada mereka. Untuk orang-orang seperti ini kita harus bertindak bijaksana. Jangan biarkan orang itu memanfaatkan kebaikan Anda.
11. Sering depresi
Cerita hidup yang dibagikannya selalu cerita sedih, pesimis, dan negatif. Awalnya kita mungkin bersimpati pada mereka. Namun semakin lama, mereka bisa kelewat batas.
12. Menghabiskan energi, waktu, dan emosi kita
Mereka cenderung membuat kita seolah menjadi orang yang paling dia butuhkan. Sehingga mau tak mau kita merasa tergerak untuk menolongnya. Awalnya niat kita untuk menolong, bisa dimanfaatkan mereka dengan berbagai manipulasinya.
Hati-hatilah terhadap tipe orang seperti ini. Sebab modusnya bisa jadi membuat kita kehilangan kontrol akan situasi. Sebab bagi toxic people, dirinya selalu benar, dan kita salah.
(psychologytoday.com)

    

0 komentar: